NATURAL LANGUAGE INTERFACE TO DATABASE ( NLIDB )

NATURAL LANGUAGE INTERFACE TO DATABASE

Natural Language
Tujuan dari bahasa adalah presisi, kekompakan, kemudahan dalam penulisan dan pembacaan, mudah dipelajari, sederhana, mengurangi kesalahan dan mudah diingat. Kendala bahasa pada umumnya adalah


·      Kapasitas manusia mengingat notasi.
·      Kecocokan antara ingatan dan media penampil.
·      Kemudahan berbicara (mengucapkan).


Demikian halnya dengan bahasa computer, Bahasa komputer yang efektifharus tidak hanya merepresentasikan tugas pemakai dan memenuhi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi, tetapi juga harus selaras dengan mekanisme perekaman, manipulasi, dan penampilannya di komputer.
Berikut ini Bahasa pemrograman yang telah berkembang:


·      Pemakaian noninteraktif: Fortran, COBOL, ALGOL, PL/I, Pascal.
·      Inkremental: BASIC, LISP, APL, PROLOG.
·      Kompilasi dan eksekusi cepat: C.
·      Pemrograman tim, sharingreusability: ADA, C++.
·      Jaringan, cross-platform: Java.
·      Scripting World Wide Web: PHP, JavaScript, VBScript.


Secara konsep, pemrograman bisa dikaitkan (dianalogikan) dengan disiplin dengan bahasa alami. Konsep-konsep bahasa pemrograman dalam beberapa hal mirip dengan konsep-konsep bahasa Alami. Yang dimaksud bahasa-alami (natural Language) adalah bahasa yang diucapkan sehari-hari antar manusia, yang tidak perlu melibatkan komputer; seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan sebagainya. Berbekal pemahaman ini kita lihat hal berikut.
· Suatu kalimat dalam bahasa alami beranalogi dengan sebuah pernyataan (statement) di bahasa pemrograman.


·      Suatu kalimat di bahasa alami diakhiri dengan tanda baca. Sebuah statement di bahasa pemrograman juga diakhiri dengan tanda baca.


Tabulasi dibawah ini memperlihatkan kemiripan bahasa pemrograman dengan bahasa alami. Tabulasi berisi entri-entri yang dimulai dengan satuan yang lebih besar ke satuan yang lebih kecil. Kita mempelajari implementasi konsep-konsep pemrograman urutan yang hampir sama.


Tabel Analogi bahasa alami dengan bahasa pemrograman


Bahasa Alami
Bahasa Pemrograman
Sebuah paragraf terdiri atas satu atau lebih kalimat.
Sebuah blok terdiri atas satu atau lebih statement.
Sebuah kalimat diakhiri oleh tanda baca.
Sebuah statement diakhiri oleh tandabaca.
Sebuah kalimat bisa terdiri atas kata benda abstrak, kata kerja, kata keadaandan kata benda nyata.
Sebuah statement bisa terdiri atas ipe,operasi, nilai, dan objek.

Dengan demikian bahasa alami dapat diimplementasikan dengan pengetahuan cukup oleh bahasa pemorograman.

Pengertian Interface

Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.

Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.

Interface yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara :

Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem.
Output, memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek manipulasi pengguna.

- Tujuan Interface

Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.

Meski pada umumnya panduan interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.

Meskipun penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah, sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya.

Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan. Interface ada dua jenis, yaitu :

- Interface ada dua jenis, yaitu :

Graphical Interface : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.

- PERBANDINGAN INTERFACE

Graphical Interface

Ada 5 tipe utama interaksi untuk interaction:

1. Direct manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games. Kelebihan :  Waktu pembelajaran sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan :  Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.

2. Menu selection – pilihan berbentuk menu :  Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki. Kelebihan :   tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert   dibanding command language.

3. Form fill-in – pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control. Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan.

4. Command language – perintah tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system. Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk   biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.

5. Natural language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata. Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.

KESIMPULAN :
            NLIDB (Natural Language Interface to Database), adalah sebuah sistem yang mempermudah penggunanya,karena bahasa alami atau bahasa yang biasa dipakai diterjemahkan kedalam bahasa query database.
SARAN
            NLIDB (Natural Language Interface to Database) sangat membantu user dalam menggunakan database dalam NLIDB tidak bisa menjawab semua pertanyaan tertentu milik subset mereka sendiri. Gunakan bahasa formal yang jelas dan pernyataan yang mengikuti aturan yang diberikan dijamin untuk mendapatkan jawaban.

REFERENSI :

Komentar

Postingan Populer