WHERE TO USE METRICS
Bab 3
DIMANA UNTUK
MENGGUNAKAN METRIK ??
Perangkat
lunak manajemen layanan IT menyediakan banyak metrik, sebagian besar
yang akan menarik orang-orang di departemen yang relevan atau menjalankan
proses yang relevan. Jika hanya metrik ini diandalkan kemudian '‘tail wags the dog’'. Organisasi tahu apa yang perancang perangkat lunak pikir
itu seharusnya tahu, tidak sejajar tuntunan bisnis IT.
Untuk alasan
ini, penting untuk memulai di ujung lain, desain proses untuk organisasi Anda,
lalu merancang metrik untuk mengukur mereka. Setelah ini, mungkin untuk
memutuskan bagaimana untuk mengimplementasikannya dalam perangkat lunak.
Karena metrik
yang dirancang untuk memungkinkan organisasi untuk mengendalikan nasibnya,
seseorang harus bertanggung jawab untuk mereka. Jika dua orang bertanggung
jawab untuk metrik yang sama, orang tidak adalah karena tindakan satu dapat
mencegah yang lain dari mencapai hasil yang diinginkan.
Dengan proses
manajemen layanan TI didorong, Apakah Anda menggunakan ITIL, Six Sigma, COBIT,
atau semua tiga, sangat penting untuk membedakan antara individu, organisasi
atau Departemen, dan proses. Untuk metrik untuk kontrol sukses, itu harus
menjadi tanggung jawab seseorang, seorang individu, yang memiliki wewenang yang
diperlukan untuk mempengaruhi hasil metrik. Ada gunanya, seperti raja Canute
menunjukkan, memberikan seseorang tanggung jawab untuk gelombang di laut,
kecuali orang tersebut juga dapat mempengaruhi mereka!
Untuk
masing-masing metrik, sangatlah penting untuk membangun yang orang yang
bertanggung jawab akan. Akan menjadi seorang manajer Departemen atau akan
menjadi pemilik proses Ruangan Khusus yang tidak mungkin setiap laporan
langsung.
DEPARTEMEN
Layanan IT manajemen, Departemen kedua paling jelas makhluk yang setiap organisasi
memiliki
layanan meja (sebelumnya dikenal sebagai Help Desk) dan tim manajemen
infrastruktur ICT (sebelumnya dikenal sebagai operasi). Ini dua departemen akan
memiliki kepala departemen yang bertanggung jawab untuk metrik yang mengukur
efisiensi Departemen mereka, dan untuk proses yang mereka Departemen
bertanggung jawab.
Layanan meja
sering bertanggung jawab untuk proses manajemen insiden. Manajer Departemen ini
kemudian akan proses pemilik bertanggung jawab untuk metrik.
Tergantung
pada ukuran dan struktur organisasi, mungkin ada departemen lain di dalamnya.
Ini membawa kepemilikan dari satu atau lebih ITIL proses atau menyediakan
layanan untuk proses ini. Penting bahwa sesuai metrik yang didirikan, sejalan
dengan tingkat atas proses tetapi menerapkan Departemen manajer.
Sebagai contoh,
perhatikan sebuah departemen administrasi yang menyediakan pelaporan, ITIL kedua
proses metrik dan SLA kepatuhan. Itu mungkin memiliki tugas-tugas lain juga,
tapi metrik yang menguji akurasi dan ketepatan waktu produksi laporan-laporan
ini harus di tempat untuk manajer Departemen ini. Departemen itu mungkin juga
memiliki tanggung jawab untuk komunikasi rencana, rencana yang penting yang
menyediakan layanan untuk semua proses lainnya dan harus memiliki sendiri untuk
mengukur keberhasilan.
PROCES
Banyak proses
tidak memiliki departemen mereka sendiri untuk menjalankan proses, tapi agak
berlari melintasi banyak Departemen dan organisasi untuk memberikan layanan
end-to-end. Orang yang bertanggung jawab untuk ini adalah pemilik proses yang
harus memiliki kewenangan untuk memastikan bahwa proses metrik terpenuhi,
bahkan dengan hanya pengaruh otoritas manajemen.
Sebuah contoh yang
baik ini adalah perubahan manajer yang bertanggung jawab untuk proses manajemen
perubahan. Salah satu persyaratan yang paling penting untuk pelaksanaan
manajemen layanan TI sepanjang garis kualitas ITIL adalah sponsor perusahaan
yang efektif. Manajemen perubahan selalu akan melibatkan manajemen pengaruh,
seperti begitu banyak berbagai pihak terlibat. Perubahan manajer bertanggung
jawab untuk persetujuan akhir perubahan, under nasihat. Ini tidak selalu akan
menjadi keputusan yang populer dan ada peluang untuk pertimbangan politik,
daripada bisnis, untuk datang ke dalam bermain. Perusahaan sponsor diperlukan
untuk memberikan dukungan yang diperlukan kepada manajemen pengaruh dari
perubahan Manager. Hal ini dimungkinkan jika ada bukti bahwa manajer perubahan
adalah melakukan pekerjaan yang baik. Tanpa metrik untuk membuktikannya, ini
bisa menjadi masalah pendapat dan politik menggerogoti dari perubahan Manager
menjadi lebih mudah. Juga memilih metrik untuk perubahan manajemen proses dapat
membantu mengidentifikasi daerah organisasi yang tidak kooperatif seperti
mereka bisa. Bekerja dengan mereka untuk besi luar proses apapun kesulitan
dapat dilakukan jauh lebih mudah dengan sponsor eksekutif kuat.
mengulang satu
titik. Orang sangat sensitif terhadap kritik, nyata atau khayalan. Proses yang
berkinerja buruk, yang diidentifikasi oleh metrik adalah kesempatan untuk
peningkatan. Mereka tidak seharusnya menjadi serangan terhadap orang-orang!
Penting bahwa titik ini ditekankan dalam komunikasi.
Komentar
Posting Komentar